Photobucket

salam ukhwah kepada semua,salam perkenalan dan salam persahabata...

Bismillahirahmaanirrahiim

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Alhamdulillahi Rabbil A’laamiin,Pertama Sekali Kita Panjatkan Puji Kesyukuran Kita Kepada Allah Swt, Yang Telah Melimpahkan Rahmat Dan Hidayahnya Kepada Kita,Sehinggalah Kita Dapat Mengetahui Haq Dan Bathil,Halal Dan Haram. Juga Pada Saat Ini Kita Masih Lagi Diberikan Kesempatan Untuk Hidup Dimuka Bumi Ini.

Keduanya , Selawat Dan Salam Kita Curahkan Kepada Junjungan Besar Nabi Mhammad Saw, Juga Segenap Kepada Ahli Keluarganya,Para Sahabat-Sahabatnya , Para Tabi’in Tabi’ahum Waman Tabi’ahum Bi Ihsanin Ila Yaumiddin,Para A’lim Ulama’ , Al,Ulama’ Warosatul Anbiya’, Dan Juga Kepada Semua Pejuang Agama Yang Telah Memperjuangkan Agama Allah Ini ,Sehinggalah Sampai Kepada Kita, Yang Masih Lagi Mendapat Cebisan-Cebisan Agama Ini. Atas Semua Amal Soleh Mereka,Niat Baik Mereka , Perjuangan Mereka, Kita Syukuri Dan Kita Doakan Semoga Allah Membalas Jasa Baik Mereka Dengan Balasan Yang Lebih Baik. Aamiin..

Ahad, 24 Julai 2011

Bulan Ramadhan dan Beberapa Keutamaannya



Bulan Ramadhan adalah bulan agung yang paling banyak dinantikan oleh seluruh umat Islam. Begitu banyak keutamaan yang diterangkan dalam Al Quran dan Al Hadits tentang bulan ini. di antaranya:

-Bulan diturunkannya Al Quran

Allah Ta'ala berfirman:

شَہۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدً۬ى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍ۬ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِ‌ۚ .... (١٨٥

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeza (antara yang hak dan yang bathil)…" (QS. Al Baqarah (2): 185)

-Bulan Terdapat Lailatul Qadar (malam kemuliaan)

Allah Ta'ala berfirman:

إِنَّآ أَنزَلۡنَـٰهُ فِى لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ (١) وَمَآ أَدۡرَٮٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ (٢) لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٌ۬ مِّنۡ أَلۡفِ شَہۡرٍ۬

(٣) تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيہَا بِإِذۡنِ رَبِّہِم مِّن كُلِّ أَمۡرٍ۬ (٤)

سَلَـٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ (٥ 

Sesungguhnya Kami (Allah) telah menurunkannya [Al Qur’an] pada malam kemuliaan . Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengaturkan segala urusan. Malam itu [penuh] kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al Qadr (97) : 1-5)

Mengenai wajibnya puasa Ramadhan, Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ،

وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ ، وَحَجِّ البَيْتِ

”Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada sembahan yang berhak disembah selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan-Nya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan haji ke Baitullah.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 8 dalam Al Iman, Bab “Islam dibangun atas lima perkara”, dan Muslim no. 16 dalam Al Imam, Bab “Rukun-rukun Islam”) 

-Shalat pada malam Lailatul Qadar menghilangkan dosa-dosa yang lalu

Dari Abu Hurairah Rodhiallahu 'Anhu bahwa Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا، غفر له ما تقدم من ذنبه

"Barang siapa yang shalat malam pada malam Lailatul Qadar kerana iman dan ihtisab (mendekatkan diri kepada Allah) , maka akan diampunkan dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhori No. 35, 38, 1802)

Shalat malam (tarawih) Pada Bulan Ramadhan menghilangkan dosa-dosa yang lalu

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu, bahwa Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

"Barang siapa yang shalat malam pada Ramadhan kerana iman dan ihtisab, maka akan diampunkan dosa-dosa yang lalu." (HR. Bukhori No. 37 1904, 1905)

Berpuasa Ramadhan menghilangkan dosa-dosa yang lalu

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu bahwa Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه 

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kerana iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhori No. 38, 1910, 1802)

Makna ‘diampunkan dosa-dosa yang lalu’ adalah dosa-dosa kecil, sebab dosa-dosa besar yang ada hadnya seperti membunuh, berzina, lalu dosa besar lain seperti mabuk, derhaka kepada orang tua, sumpah palsu, dan lainnya hanya boleh dihilangkan dengan taubat nasuha, dengan menunaikan syarat2 taubat yakni dengan menyesali perbuatan itu, membencinya, dan tidak mengulanginya sama sekali, serta menunaikan kaffarah. Hal ini juga ditegaskan oleh hadits berikut ini.

-Diampuni dosa di antara Ramadhan ke Ramadhan

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الصلوات الخمس. والجمعة إلى الجمعة. ورمضان إلى رمضان. مكفرات ما بينهن. إذا

اجتنب الكبائر

“Shalat yang lima waktu, dari juma'at ke juma'at, dan ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim No. 233)

-Dibuka Pintu Syurga, Dibuka pinta Rahmat, Ditutup Pintu Neraka, dan Syaitan dibelenggu

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu bahwa Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَان فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِين

"Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu syurga, ditutup pintu-pintu neraka dan syaitan dibelenggu." (HR. Muslim No. 1079)

Dalam hadits lain:

إذا كان رمضان فتحت أبواب الرحمة، وغلقت أبواب جهنم، وسلسلت الشياطين

"Jika ada bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu rahmat, dan ditutup pintu-pintu neraka dan syaitan dirantai." (HR. Muslim No. 1079)

Ini adalah beberapa keutamaan bulan Ramadhan dan keutamaan ibadah2 di dalamnya, yang ditegaskan dalam Al Quran dan hadits-hadits yang sahih. 

Sekedar mengingatkan diri ini dan kita semua,, mari persiapkan diri kita untuk menyambutnya dengan penuh semangat....wassalam

Tiada ulasan:

Catat Ulasan